Bakamla Zona Maritim Timur Terima Kunjungan Tim Kemenhan

0
26

Bisnis Metro, AMBON — Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur (ZMT) Bakamla RI Laksma Bakamla Vetty V. Salakay, S.H., M.Si. menerima kunjungan kerja tim Ditanstra, Ditjen Strahan, Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) dipimpin Letkol Arm Suprayitno, S.IP. di Kantor Kamla ZMT, Ambon, Maluku, Rabu (5/12/2018).

Turut serta menerima kunjungan yaitu Kabagum Kolonel Laut (KH) Drs. Paseh Mawardi, Kabid Operasi Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T. dan para pejabat eselon IV. Sementara itu dari Kemenhan hadir pula Letkol Sus Merjames Pakpahan, S.Si., M.Han., M.Si. dan Tristianto, S.E..

Menurut Letkol Suprayitno, kunjungan ini adalah bentuk pelaksanaan program kerja dan anggaran 2018 dalam hal pembinaan sistem persiapan dan pelaksanaan penyusunan produk analisa tentang pengembangan Saumlaki sebagai pangkalan pertahanan terdepan TNI dalam rangka menghadapi ancaman dari selatan. Saumlaki yang berada di Provinsi Maluku merupakan bagian dari wilayah kerja Kantor Kamla ZMT Bakamla dan berada pada posisi strategis, karena berada pada jalur lintas laut internasional dan dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia/ALKI III (Konferensi Hukum Laut Internasional/UNCLOS 1982).

Pada pertemuan itu dibahas pula berbagai tindak kejahatan di laut yang merambat menjadi kejahatan multidimensi sehingga memerlukan penanganan secara holistik dari seluruh stakeholder aparat keamanan dan kewilayahan. Untuk itu diperlukan koordinasi yang ketat dan komprehensif dalam menyikapi setiap permasalahan sebelum berkembang menjadi ancaman yang membahayakan keamanan negara. Terakhir, tujuan kunjungan tersebut juga untuk mewujudkan jalinanan silaturrahmi dan koordinasi yang lebih baik diantara stakeholder khususnya antara Kemhan dan Bakamla.

Sumber: Bakamla RI

Editor: Yuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here