by

Siswa Latsarmil Bakamla Lakukan Samapta

Bisnis Metro, SURABAYA –— Sejak memasuki gerbang Kesatrian Yonif 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha beberapa hari lalu, maka hari ini untuk pertama kalinya 200 Siswa Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Badan Keamanan Laut RI menempuh tes Kesemaptaan jasmani, di Lapangan Apel Yonif 10 Mar/SBY, Rabu (6/2/2019).

Pelaksanaan tes Samapta ini dilaksanakan secara bergantian dengan menyertakan 50 siswa pada setiap kegiatan. Tes awal ini penting dilakukan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani masing-masing siswa. Selain untuk mengetahui daya tahan fisik siswa, tes ini juga untuk menjaga agar kondisi tubuh siswa tetap sehat dan bugar. Kondisi fisik yang prima perlu dimiliki oleh setiap aparat paramiliter dalam menjalankan tugasnya menjaga laut nusantara.

Tes kesemaptaan yang dilakukan meliputi Samapta A dan samapta B, namun sebelumnya tiap siswa dicek kesehatannya untuk mengetahui kesiapan tubuhnya. Untuk Samapta A yaitu mengukur jarak yang berhasil ditempuh saat berlari selama 12 menit, sedangkan untuk Samapta B terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up, masing-masing dilakukan selama satu menit, dan Shuttle run 3 x 10 Meter.

Sumber: Bakamla RI

Editor: Yuni

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 comments

News Feed