Peduli Gempa Lombok, TNI AU Terbangkan 80 Ton Bantuan  

0
15

Bisnis Metro, JAKARTA — Memasuki hari keempat paska gempa bumi Lombok, TNI AU telah mengirimkan sedikitnya 80 ton yang terdiri dari berbagai jenis logistik sebagai bantuan bagi para korban dan pengungsi di lokasi gempa, menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

 

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., mengatakan hal tersebut kepada media seusai melepas keberangkatan pesawat C-130 Hercules bersama Tim TNI AU Peduli Lombok yang membawa bantuan ke Lombok di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (9/8/2018).

 

“Sebagai bentuk kepedulian TNI AU dan PIA Ardhya Garini terhadap bencana gempa Lombok, hari ini kita kembali akan kirimkan berbagai bantuan untuk korban gempa Lombok,” kata Kasau.

 

Kasau menjelaskan, terus bertambahnya jumlah korban dan pengungsi yang terdampak gempa, mengharuskan semua komponen bangsa, tidak terkecuali TNI AU terus bergerak memberikan bantuan.

 

Beberapa bantuan yang dikirim hari ini meliputi makanan siap konsumsi, peralatan penjernih air, genset  dan personel juru masak yang siap bekerja di tenda-tenda dapur umum  di lokasi gempa.

 

“Kita sudah menginventarisasi barang-barang kebutuhan yang diperlukan di lokasi gempa, dan pagi ini segera kita kirimkan dengan pesawat Hercules dan CN-295 TNI AU termasuk personel untuk segera bekerja dan didistribusikan,” terang Kasau.

 

Selain pengiriman barang kebutuhan, TNI AU juga menyiagakan seluruh  pesawat angkut untuk mendukung pergeseran logistik dan personel menuju Lombok. Hingga hari keempat, sudah sebelas sortie (penerbangan) dilakukan.

 

“Sesuai perintah Panglima TNI, seluruh pesawat angkut kita, mulai CN-295, C-130 Hercules dan Boeing 737 kita siapkan untuk mendukung pengiriman bantuan ke Lombok,” ujar Kasau.(Dispenau/Yuni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here